Manajemen Keuangan – Dasar Pembelanjaan Perusahaan


DEFINISI UMUM

Definisi umum dari pembelanjaan umum perusahaan yakni :

Suatu strategi yang dilakukan oleh perusahaan tentang bagaimana cara mempeoleh dana/obtaining funds dan bagaimaan menggunakan dana/use of funds yang seefisien mungkin melalui bebagai aktivitas perusahaan.

Adapun tugas dari manajer keuangan yaitu :
1. Forecasting & Planning (peramalan & perencanaan keuangan)
2. Actuating (pelaksanaan anggaran)
3. Controllling (pengendalian)
4. Interaksi pasar modal

PENGERTIAN PEMBELANJAAN

1. Pembelanjaan Aktif
Merupakan cara perusahaan dalam menggunakan dana dan menginvestasikan dana dengan syarat yang paling baik.

2. Pembelanjaan Pasif
Merupakan cara perusahaan dalam memperoleh dana/modal dengan syarat yang paling menguntungka.

Pembelanjaan Pasif terbagi 2 yakni :
a. Pembelanjaan Kuantitatif : menentukan besarnya modal yang akan ditarik.
b. Pembelanjaan Kualitatif : menentukan persyaratn yang dapat dipenuhi antara lain interest, tenggang waktu, dll.

Pembelanjaan perusahaan ditinjau dari seumber modal yang digunakan dapat dibagi menjadi dua, yakni :
a. Pembelanjaan dari dalam perusahaan (Internal Financing)
pembelanjaan sendiri/pemegang saham/laba ditahan/pembelanjaan intern

b. Pembelanjaan dari luar perusahaan (External Financing)
Kredit bank, obligasi, supplier dll / debet finacing
 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s