Hati yang Terpukau di Krakatau


  • Oleh: Afif Farhan – detikTravel,  Minggu, 26/08/2012 11:51 WIB

Siapa yang tidak kenal Krakatau? Gunung ini terkenal karena letusannya pada tahun 1883. Saat itu, abu vulkanisnya menyebar hingga Amerika. Di sisi lain, Krakatau mempunyai sisi wisata yang cantik dan menarik. Mau tahu?


Krakatau terletak di Selat Sunda, yakni selat yang menghubungkan antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Gunung ini merupakan salah satu gunung yang bersejarah di dunia. Letusannya di tahun 1883, menewaskan 36.000 jiwa dan daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II.

akan tetapi, kini Krakatau memiliki sisi yang eksotis. Di sekitarnya terdapat Gunung Anak Krakatau, yang bisa Anda daki sampai puncak bila gunung ini dalam keadaan aman! Pemandangan dari puncaknya sungguh menawan.

Sebagai bagian dari Taman Nasional Ujung Kulon, Krakatau punya banyak saudara di antaranya Pulau Handeuleum, Pulau Peucang, dan Pulau Sebesi.

Pulau Peucang adalah surga bagi para pecinta pantai. Laut yang mengelilinginya bergradasi biru tua-biru muda-hijau yang menyatu dengan pantai pasir putih nan lembut. Tak kalah dengan pantai yang ada di Yunani!

Pulau Handeuleum juga memiliki magnet bagi pecinta wisata alam liar. Anda bisa menyusuri sungai Cigenter yang membelah pulau ini dengan menggunakan perahu, sambil mengamati aneka satwa liar terutama badak bercula satu.

Pulau Sebesi adalah titik tepat untuk melihat keindahan Gunung Anak Krakatau. Di sini juga terdapat penginapan buat Anda bermalam serta malam mingguan, menikmati petualangan akhir pekan.


Untuk mencapai Krakatau, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah pergi ke Pelabuhan Merak. Setelah itu, kapal Ferry akan mengantar Anda menuju pelabuhan Bakauheni di Lampung.

Sumber : travel.detik.com

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s