Manajemen SDM – Penilaian Prestasi Kerja


work performancePenilaian prestasi kerja berperan bagi karyawan sebagai umpan balik tentang berbagai hal seperti kemampuan, keletihan, kekurangan dan potensinya yang pada gilirantukan tujuan, jalur, rencana dan pennya bermanfaat untuk memnegembangan karirnya.

Bagi organisasi, penilaian kerja berperan dalam pengambilan keputusan tentang berbagai hal, seperti identifikasi kebutuha program pendidikan dan pelatihan, rekrutmen, seleksi, program pengenalan, penempatan, promosi, sistem imbalan dan berbagai aspek lain dari keseluruhan proses MSDM secara efektif.

PENILAIAN PRESTASI KERJA MELIBATKAN LIMA PIHAK yakni :
1. Atasan (yang menilai)
2. Karyawan (yang dinilai)
3. HRD
4. Rekan kerja
5. Customer (pelanggan)

MANFAAT PENILAIAN PRESTASI KERJA :
a. mendorong peningkatan prestasi kerja
b. bahan pengambilan keputusan dalam pemberian imbalan
c. untuk kepentingan motivasi pegawai
d. guna menyusun program pelatihan dan pendidikan
e. membantu karyawan menentukan rencana karirnya dengan bantuan bagian kepegawaian penyusun program pengembangan karir yang paling tepat.

EMPAT PERSYARATAN PERNILAIAN :
1. keterkaitan langsung dengan pekerjaan (job related)
2. praktis
3. kejelasan standar
4. adanya kriteria yang objektif

FAKTOR YANG MENYEBABKAN PENILAIAN SUBJEKTIF :

  1. Hallo effect.
  2. Menghindari penilaia yang sangat ekstrim sehingga cenderung mengambil jalan tengah dengan mengambil nilai yang agak merata.
  3. Bersikap lunak & “murah hati”.
  4. Bersikap keras dan pelit.

LANGKAH PENILAIAN OBJEKTIF :

  1. melatih para penilai tentang berbagai teknik penilaian objektif
  2. memberikan umpan balik kepada para penilai tentang penggunaan cara-cara penilaian yang pernah diterapkannya
  3. Dengan bantuan kepegawaian, menemukan & menggunakan teknik penilaian yang paling tepat yang berorientasi prestasi kerja dan untuk kepentingan organisasi di masa depan

METODE PENILAIAN :
a. metode skala peringkat
b. metode checklist
c. metode pilihan terarah
d. metode insiden kritikal
e. metode skala peringkat yang dikaitkan dengan perilaku
f. metode evalusi lapangan
g. metode tes & observasi
h. pendekatan komparatif

TEKNIK PENILAIAN BERORIENTASI MASA DEPAN :
1. Penilaian diri sendiri
2. Manajemen berdasarkan sasaran (management by objective)
3. Penilaian psikologikal
4. Pusat-pusat penilaian

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s