Kuliah Umum Menteri Perindustrian & Pameran IKM Binaan TPL IKM’ 2007


Jakarta, 10 April 2012

Bertempat di plasa pameran Kementerian Perindustrian, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan telah diadakan rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kemenperin yakni Kuliah umum bersama Menteri Perindustrian, Bapak M.S. Hidayat yang memberi materi mengenai “Pengembangan Wirausaha Baru Industri” dan juga Pameran Produk IKM Binaan Tenaga Penyuluh Lapangan IKM angkatan 2007.


Adapun rangkaian acara tersebut diadakan pada pagi hari pukul 09.00 dengan dihadiri dan dibuka langsung oleh Menteri Perindustrian RI. Dalam pembukaan tersebut yang bertempat di plasa pameran Kemenperin hadir pula para tamu undangan dari para praktisi dan himpunan pengusaha terkait, wartawan media masa, dan tak lupa para peserta kuliah umum yang terdiri dari mahasiswa TPL APP Jakarta, AKA Bogor, dan STMI Jakarta turut ikut menyaksikan pembukaan pameran IKM binaan TPL IKM angkatan 2007. Pembukaan acara ditandai dengan dibunyikannya gong tanda dibukanya pameran tersebut.

Beruntung, diantara sekian mahasiswa yang berkesempatan menyaksikan sambutan bapak M.S. Hidayat dan Ibu Euis Saidah selaku Dirjen IKM Kemenperin, aku masuk diantara beberapa diantaranya. Dengan antusias aku mendengarkan sambutan yang diberikan dan disela waktu sebelum dimulainya pembukaan, aku sempat berbincang-bincang dengan rekan-rekan baru dari AKA Bogor dan juga STMI Jakarta. Hal tersebut merupakan kesempatan baik, selain dapat melihat lebih dekat bapak M.S Hidayat, namun juga mendapat teman-teman baru yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.


Setelah acara resmi dibuka oleh bapak M.S. Hidayat, kemudian acara berlanjut dengan menghadiri kuliah umum yang diberikan langsung oleh Menteri Perindustrian, bapak M.S.Hidayat. Adapun materi kuliah umum yang disampaikan yakni mengenai “Pengembagan Wirausaha Baru Industri”. Dalam kuliah umum tersebut dihadiri oleh mahasiswa APP angkatan 2010 & 2011, mahasiswa AKA angkatan 2009 & 2010, mahasiswa STMI angkatan 2009 & 2010. Semua peserta sangat antusias mengikuti kuliah yang diberikan termasuk aku juga, banyak pesan yang disampaikan untuk kita para mahasiswa calon konsultan IKM untuk berani membuka peluang usaha menjadi wirausaha mandiri yang ikut mendukung tujuan Kemenperin untuk memajukan Industri kecil menengah sebagai tonggak perekonomian kerakyatan. Setelah materi kuliah umum diberikan, banyak dari mahasiswa yang antusias untuk bertanya langsung pada pak Menteri dan pak Menteri pun menjawab setiap pertanyaan yang diberikan dengan berwibawa.

Lanjut sesi berikutnya yakni materi lanjutan dari pemateri yang ada, kemudian disambung dengan makan siang dan materi lanjutan. Ada banyak pesan yang ingin disampaikan termasuk selebaran puisi yang ditulis Ibu Euis Saidah berisi harapan bahwa cita-citanya untuk memajukan negeri ini dapat tercapai melalui tangan-tangan kita para generasi muda. Sangat menyentuh ๐Ÿ™‚


Setelah rangkaian acara selesai, sekarang tugas selanjutnya yakni turun ke lantai plasa pameran Kementerian Perindustrian untuk melihat dan memutuskan produk apa yang akan kami angkat untuk dibahas dalam tugas mata kuliah Kewirausahaan. Kelompokku memutuskan untuk memilih stan Kalimantan Barat dimana kakak TPL yang bertugas juga adalah alumni TPL APP angkatan 2007, dengan begitu kami bisa lebih leluasa bertanya mengenai produk dari Kalimantan Barat seperti : manik-manik yang berbentuk syal, peci, cincin, gelang, ikat pinggang, kain tenun khas Kalimantan Barat, dan produk olahan kerupuk ikan sentengah jadi. Semua materi dan kesempatan yang diberikan sangat berkesan buatku.


Hope, I will get some chance later ๐Ÿ™‚

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s